Friday, March 9, 2012

Penerapan Metode Membaca "Cantol Roudhoh"

Berawal dari kebutuhan anak untuk bisa membaca ketika masuk ke Sekolah Dasar (SD), kami selaku guru di RA Al-Bayyan pun ingin menerapkan Metode Membaca yang mudah dipahami oleh anak didik.  Sehingga kami memilih metode membaca 'Cantol Roudhoh', dan sejak tahun ajaran 2011/2012 kami mulai menerapkan metode ini kepada anak didik dan Alhamdulillah akhirnya anak dapat dengan cepat belajar membaca.

Metode membaca Cantol Roudhoh  adalah sebuah metode membaca latin yang merupakan pengembangan dari menghafal cepat sistem cantol Quantum Learning. Metode ini disampaikan dengan 21 tema cantolan melalui cerita, alat peraga dan lagu dengan unsur bermain di dalamnya. Metode ini sangat mudah dipahami akan karena anak cukup mengingat ke 21 cantolan tersebut dan anak bisa baca dengan lancar.

Karena kemampuan membaca bagi anak ketika memasuki jenjang Sekolah Dasar menjadi Kebutuhan utama. secara langsung atau tidak langsung di kelas 1 anak dituntut untuk bisa membaca. Hal ini akan berpengaruh kepada kepercayaan diri anak yang berefek kepada keberhasilan prestasinya. Untuk itu kemampuan membaca menjadi hal yang sangat penting.

Namun disisi lain mengajarkan membaca kepada anak diusia balita tidak sama seperti mengajarkan kepada anak diusia SD. Dunia anak adalah dunia bermain, jangan sampai dunianya hilang karena kita memaksanya di luar kesadaran kita yang dapat menimbulkan efek di kemudian hari bagi tahap perkembangannya.

Metode ini juga telah banyak diterapkan di sekolah-sekolah terutama di tingkat pendidikan anak usia dini, walaupun biaya yang dikeluarkan cukup mahal tetapi orang tua cukup antusias dengan program ini daningin memberikan yang terbaik untuk sang buah hatinya.

Kelebihan metoda Baca Cantol Roudhoh

1. Anak cepat dan mudah dapat membaca rata-rata 20-32 jam

2. Disampaikan dengan bermain, bernyanyi dan bercerita

3. 20 lagu riang yang disesuaikan dengan metoda ini sehingga anak mudah mengingatnya

4. Menggunakan alat peraga yang sangat disukai anak

5. Anak dapat menulis dengan lancar

6. Menumbuhkan minat baca yang tinggi

7. Mengembangkan 5 aspek kemampuan anak yang dibutuhkan di SD yaitu : MASEK : (Moral, Agama, Sosial, emosional dan kemandirian),  Bahasa, kognitif, Seni dan fisik

8. Memaksimalkan gaya belajar Visual, Auditurial dan Kinestetik sehingga dapat meningkatkan kecerdasan anak.

9. Sudah teruji di 61 kota besar di Indonesia semenjak tahun 2000

10. Dapat untuk terapi anak autis dan hiperaktif

No comments:

Post a Comment

Post a Comment